Cara Install Windows 8 di Lenovo G40 Masuk Bios

Cara Install Windows 8 di Lenovo G40 Masuk Bios

Berbicara tentang cara menginstall windows 8 atau windows 8.1 di laptop Lenovo g40 series, tentu kita akan sedikit bingung. Bingung disini memiliki 2 arti yakni binggung karena kita tidak tahu cara install windows 8 (kita belum pernah menginstall windows) dan bingung karena kita tidak tahu cara masuk biosnya (kita sudah pernah install windows 8 tapi tidak tahu cara masuk bios setting). Nah tenang karena kali ini kita akan membahas cara install windos 8 di laptop Lenovo g40 dengan cara masuk bios.
Secara umum kami akan menjelaskan apa itu BIOS ? Bios adalah pengaturan Sistem operasi yang ada pada computer. Apa bedanya dengan windows 8 ? jelas beda, karena windows adalah operating sistemnya. Kembali lagi ke Lenovo g40, biasanya memang cara masuk bios di laptop adalah menggunakan tombol F12, F2, dan tombol DEL. namun jika anda coba di laptop Lenovo g40 tentu akan tidak berfungsi karena khusus laptop Lenovo g40 cara masuk biosnya adalah menggunakan FN+F2.  Untuk lebih jelasnya menggenai cara masuk bios laptop Lenovo G40 dan cara install windows 8 lenovo G40 berikut penjelasannya :
Peralatan Install windows 8 Lenovo G40
1. Silahkan siapkan flashdisk atau DVD berukuran lebih dari 4gb.
2. Jika belum memiliki windows 8 Silahkan Download :
3. Silahkan download RUFUS Download rufus disini. (Apa itu rufus ? rufus adalah Software ekstract untuk installasi windows 7 8 dan 10). Jalankan RUFUS dan select file iso windows 8. Silahkan lihat gambar dibwah ini :
 
 .rufus
Cara Masuk Bios di Lenovo G40
1. Silahkan restart computer/laptop anda setelah proses booting langsung tekan FN+F2 ( fn dipencet sedangkan jari yang lain menekan f2) 
2. Setelah masuk bios lenovo g40 silahkan anda atur booting fungsinya agar DVD atu Flashdisk bisa di baca duluan. Caranya Ke SATA ODD: PLDS DVD RW (jika memakai Flashdisk silahkan pilih yang flashdisk ) hingga tersorot putih, kemudian tekan tombol keyboard FN+F6 agar posisinya menjadi nomor satu. Berikut gambarnya :
 Cara Masuk Bios Laptop Lenovo G40 (Windows 8.1) Sebelum di Instal Ulang
3. Setelah DVD-RW atau Flashdisk sudah berada pada posisi pertama maka simpan setting bios anda dengan cara tekan tombol keyboard FN+F10 kemudian  pilih YES.
Cara Install Windows 8 Lenovo G40
Setelah anda tekan tombol keyboard FN+F10 kemudian  pilih YES (langkah 3 cara masuk bios) maka laptop akan otomatis restart. silahkan di tunggu hingga muncul gambar sebagai berikut :
  1. press any key to boot
     Image: restart komputer atau laptop
    Ini berarti anda Sudah memulai langkah awal installasi windows 8. 
  2. langakh awal sudah mulai berjalan silahkan anda pilihan bahasa Windows 8 dan Persetujuan, pilih bahasa “English” jika anda "Indonesia" silahkan di pilih, kemudian klik “Next”.
    language settings
    Image: pilihan pengaturan bahasa 
  3. Kemudian silahkan anda Klik “Install now” untuk memulai Proses Instalasi windows 8 atau 8.1
    click install now
    Image: Tombol Install now
  4. Masukan “Product Key” windows 8 Jika menggunakan windows 8 original, biasanya kode ini ada pada bungkus DVD ketika saat membeli atau tanyakan ketika saat membeli namun jika menggunakan crack silahakan masukan crack anda.
    product key
    Image: Menu Product Key 
  5. Selanjutnya Klik kotak kecil sebelah kiri bawah sebagai tanda persetujuan untuk menginstall windows 8 “I Accept the license terms”.
    license terms
    Image: persetujuan penggunaan windows 8 
  6. Pilih “Custom” Install Windows 8 (Advanced). Ini dilakukan agar windows 8 yang akan di install benar-benar baru atau “fresh” dan terbebas dari virus. namun anda bisa memilih upgrade jika sudah pernah menggunakan windows 8.
    custom advanced
    Image: Custom/Advanced Install windows 8 
  7. silahkan Atur Partisi Sistem Windows 8. Pengaturan Partisi dilakukan untuk pemilihan install windows 8 pada partisi tertentu sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Partisi sistem windows sebelumnya dapat di hapus atau “delete” dan diganti dengan partisi yang baru. Pengaturan Partisi dapat dilakukan ketika kursor di atur pada partisi tertentu untuk di atur, kemudian tombol pengaturan lengkap akan tersedia. silahkan atur partisi windows 8 anda sesuai kebutuhan anda.
    setup partition
    Image: Partisi Sistem Windows 8
    • “New” untuk Membuat Partisi Baru windows 8.
    • “Delete” untuk Menghapus Partisi windows.
    • “Format” untuk format Partisi windows.
    • Catatan Penting :
    • Harap diperhatikan, Pastikan Partisi yang berisi data penting tidak dihapus, ini langkah yang sangat penting dan harus hati-hati, dan jika tidak yakin simpan dulu data penting pada Flashdisk atau tempat lain yang aman
    • Aturlah kursor pada partisi yang diinginkan untuk di install windows 8 yang baru, kemudian klik next seperti gambar di atas untuk melanjutkan proses instalasi.
  8. Memulai instalasi Windows 8. Lihat gambar berikut ini :
    installing windows 8
    Image: Memulai install Windows 8
    • Pada tahap install windows 8 ini akan berlangsung secara otomatis, kemudian akan restart pula secara otomatis selama beberapa kali dan biarkan saja jangan klik apapun sampai bertemu dengan gambar langkah selanjutnya.
    • Catatan: Jika pada proses ini terdapat “error” (getting files ready for installation), itu berarti memori kurang bagus, bisa di coba ulang kembali prosesnya atau ganti memorinya.  
  9.  Personalisasi atau “Personilize Windows 8”, dapat dipilih bebas warna dasar untuk tampilan windows dan memberi nama komputer. silahkan isi sesuai keinginan anda,
    personalize
    Image: Personilize Windows 8 
  10. Kemudian silahkan Atur “Setting” untuk Windows 8. Pengaturan ini bisa dipilih “Express setting” supaya lebih cepat. ikuti gambar berikut :
    express settings
    Image: Express setting windows 8 
  11. Membuat Akun “Accountwindows 8 jika yang baru , pilih saja “create a local account” atau jika sudah punya silahkan di masukan.
    create account
    Image: Membuat akun windows 8 
  12. Membuat Nama untuk pengguna atau “User” pada Windows 8.
    user name
    Image: Nama pengguna Windows 8 
  13. Aplikasi atau “Application”, secara Otomatis Windows 8 akan menyiapkan segala aplikasi yang termasuk dalam paket. jika anda menginginkan aplikasi lain silahkan anda isntall sendiri.
    application
    Image: Install Aplikasi pada Windows 8 
  14. Tahapan installasi anda sudah selesai. berikut Tampilan windows 8, 8.1:
    windows 8 start screen
    Image: Tampilan depan windows 8 atau 8.1 
  15. Berikut ini tampilan desktop windows 8, 8.1. Layar ini muncul dengan memilih tampilan desktop pada start screen windows 8 seperti gambar di atas, pada pojok kiri bawah atau dengan menekan tombol windows dan D secara bersamaan.
    desktop windows 8
    Image: Tampian desktop windows 8 
    Demikian cara installasi windows 8/8.1 Lenovo G40 lengkap dengan flashdisk atau dvd 
    Jika ada pertanyaan seputar installasi windows 8/8.1 32 bit dan 64 bit G40 silahkan berkomentar !
 Perhatian : cara ini berfungsi untuk lenovo g40-70 g40-45 g40-30 dan Seri lain.

Share this:

Disqus Comments